Microsoft word

 

MICROSOFT WORD

Microsoft Word - Makalah - Drop Cap - Mail Merge

Microsoft Word 


Merupakan sebuah perangkat lunak pengolah kata terbaik dan terpopuler di dunia. Selain itu, Microsoft Word juga tersedia di berbagai jenis sistem operasi. Aplikasi ini telah didistribusikan di sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS, IOS, dan Android. Hal ini juga penyebab dari popularitas Microsoft Word bertahan, walaupun banyak terdapat aplikasi pengolah kata yang akan terus bermunculan.

 

Makalah

Makalah adalah karya ilmiah membahas sebuah permasalahan dan pembahasannya berdasarkan analisis secara objektif yang ditulis oleh seseorang atau kelompok.

Struktur Makalah

Cover 
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar (Jika Ada)
Daftar Tabel (Jika Ada)
Bab 1 : Pendahuluan
Bab 2
 : Pembahasan
Bab 3
 : Kesimpulan
Daftar Pustaka

· 

FITUR WORD YANG AKAN BERGUNA DALAM PEMBUATAN MAKALAH

1.    Fitur Resourcer

·        Buka tab Reference

·        Pilih Resource

·        Dengan fitur ini kita tak perlu lagi ber multitasking melalui browser lain karena memang sudah disediakan oleh Office .

2.    Fitur Commet & Track Changes

    Fitur ini sangat berguna ketika ada pekerjaan yang berbentuk kelompok.

·        Blok paragraf atau kata yang mau diberi komentar

·        Aktifkan comment di tab Review >> Comments

·       Klik track changes untuk melacak perubahan yang dilakukan oleh teman Anda.

 

3.    Membuat Page Number

·        Klik menu InsertPage Number

·      Pilih Top Of Page jika ingin memberikan penomoran pada bagian atas halaman, Bottom of Page jika ingin memberikan penomoran pada bagian bawah halaman, Page Margins jika ingin memberikan penomoran pada bagian samping halaman

·        Klik format page numbers untuk melakukan pengubahan format penomoran

 

4.    Membuat Daftar Isi Otomatis

  • Blok judul atau sub judul yang ada pada dokumen
  • Pilih tipe heading yang diinginkan pada tab Home. Kamu bisa pilih Heading  untuk judul  dan Heading 2 untuk sub judul
  • Atur style pada heading yang dipilih dengan cara klik kanan pada tipe heading kemudian pilih Modify. Lakukan ulang pada setiap judul dan sub judul
  • Siapkan halaman khusus untuk daftar isi, dengan memilih tab Insert > Blank Page
  • Masukkan daftar isi secara otomatis melalui tab References, kemudian pilih Table of Contents, dan pilih bentuk daftar isi yang diinginkan
  • Setelah daftar isi jadi, kita bisa mengedit atau mengupdate bila ada perubahan pada daftar isi dengan mengklik update table kemudian memilih update page number only atau update entire table sesuai kenutuhan

 

5.    Membuat Daftar Pustaka

  •     Pilih text yang akan dibuat menjorok ke dalam.
  •     Geser bagian bawah Ruler secukupnya.
  •     Maka text yang melebihi satu baris akan menjorok ke dalam sesuai jarak Ruler.

 

A-Z shortcut Microsoft Word

  • Ctrl + A : Memblok seluruh teks/naskah.
  • Ctrl + B : Menebalkan teks (bold).
  • Ctrl + C : Menyalin teks atau objek yang dipilih (copy).
  • Ctrl + D : Menentukan format huruf (font).
  • Ctrl + E : Membuat teks rata tengah (center). 
  • Ctrl + F : Mencari teks atau item khusus (find). 
  • Ctrl + G : Masuk ke halaman tertentu (go). 
  • Ctrl + H : Mengganti teks, format spesifik, dan item khusus (replace). 
  • Ctrl + I : Membuat huruf cetak miring (italic).   
  • Ctrl + J : Membuat teks rata kiri kanan (justify).
  • Ctrl + K : Memasukkan alamat tautan (insert hyperlink).
  • Ctrl + L : Membuat teks rata kiri (left). 
  • Ctrl + M : Menggeser penempatan paragraf ke kanan. 
  • Ctrl + N : Membuat dokumen baru (new). 
  • Ctrl + O : Membuka dokumen atau file (open).
  • Ctrl + P : Perintah mencetak dokumen (print).
  • Ctrl + Q : Menghapus pengaturan yang telah dibuat 
  • Ctrl + R : Membuat teks rata kanan (right).
  • Ctrl + S : Menyimpan pekerjaan atau file (save).
  • Ctrl + T : Menggeser tabulasi bagian bawah ke atas. 
  • Ctrl + U : Membuat huruf bergaris bawah (underline).
  • Ctrl + V : Menempelkan teks atau objek (paste).
  • Ctrl + W : Keluar atau menutup pekerjaan.
  • Ctrl + X : Memotong teks atau objek terpilih (cut).  
  • Ctrl + Y : Menjalankan lagi aksi terakhir (redo).
  • Ctrl + Z : Membatalkan aksi sebelumnya (undo).

·

Drop Cap

Drop Cap adalah huruf awal suatu paragraph yang besarnya beberapa baris lebih besar daripada huruf-huruf lainnya.

 Membuat Drop Cap :

·        Block Text yang ingin dibuat Drop Cap.

·        Pada tab Insert.

·        Pilih Drop Cap.

·        Pilih Dropped untuk membuat huruf pertama selaras dalam paragraph

·        Pilih In Margin untuk membuat huruf pertama di luar paragraph

·       Pilih Drop Cap Options untuk mengatur jenis Drop Cap, Font yang digunakan, diturunkan berapa baris, dan jarak dari text.

 

Mail Merge

Mail Merge adalah suatu fungsi yang digunakan untuk menghasilkan beberapa surat, label, amplop, tag nama, dan lainnya menggunakan informasi yang disimpan dalam daftar, database, atau spreadsheet

Membuat Mail Merge :

  • Pada tab MAILINGS
  • Pilih Start Mail Merge, kemudian Step-by-Step Mail Merge Wizard
  • Setelah selesai mengisikan record maka akan terbuat data baru yaitu *.mdb
  • Pada tab Mailings pilih Insert Merge Field kemudian pilih Field yang dibutuhkan.
  •  Untuk menampilkan hasil pilih Preview Results.
  • Bila telah selesai Finish & Merge.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama