Microsoft Exel

Microsoft Exel

Software Microsoft Exel

Microsoft Exel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft. Sistem operasi Microsoft Exel ini bekerja pada os Windows dan Mac OS. Program aplikasi MS Exel mengalami pengembangan dari exel versi sebelumnya. Yang di tingkatkan fungsinya dan di konsesntrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar(mudah dipakai) lebih fleksibel, lebih mudah di integrasi dengan program office lainnya dan kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet.

Fungsi Microsoft Exel

Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain:

Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.

Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.

Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika

Membuat berbagai macam grafik dan diagram.

Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.

Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.

Melakukan analisa serta riset harga.

Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.

Melakukan konversi mata uang.

Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian

Manfaat Microsoft Exel

Microsoft Excel memiliki banyak sekali manfaat untuk mempermudah pekerjaan anda. Manfaat menggunakan microsoft excel antara lain:

Bidang Akuntansi

Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah laba/rugi suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu periode, menghitung gaji karyawan, dan lain sebagainya.

Kalkulasi Matematis

Kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai macam variasinya.

Pengelolaan Data

Pemanfaatan Excel untuk pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.

Pembuatan grafik

Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu tahun, grafik perkembangan jumlah siswa pada lembaga pendidikan, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan, grafik kelulusan siswa, dan lain sebagainya.

Operasi Tabel

Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom 16.384, maka anda tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.

   Menu Bar, berisi sederetan menu yang dapat digunakan, dimana setiap menu mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Edit, akan mempunyai sub menu yang berhubungan dengan edit data, begitu juga dengan menu yang lainnya. Standarnya menu bar terdiri dari :

Menu ini dapat dipilih dengan Mouse atau menggunakan tombol kombinasi ALT+huruf menu yang bergaris bawah secara bersamaan. Misalkan kita akan memilih menu edit, maka tekanlah tombol ALT jangan dilepas lalu tekan huruf E.

 

    Toolbars Standard, adalah sederetan icon-icon yang akan sering digunakan. Toolbar digunakan agar kita dapat memilih dan menjalankan perintah dengan cepat dan mudah. Defaultnya toolbar ini terdiri dari :

Masing-masing toolbar mempunyai nama dan fungsi masing-masing, untuk mengetahui namanya cukup dengan mengarahkan pointer mouse ke icon yang dituju, tunggu sesaat, maka akan muncul nama dari icon tersebut.

   Toolbar Formatting, adalah toolbar yang sering kita gunakan yang berfungsi dalam hal memformat lembar kerja, apakah itu rata kiri, kanan atau rata tengah, kita juga bisa cetak tebal, miring atau bergaris bawah, semua ini adalah bagian dari proses memformat lembar kerja. Standarnya, toolbar ini terdiri dari :

   Row Heading (Kepala garis), adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel.

 

   Column Heading (Kepala kolom), adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Sama halnya dengan Row Heading, Column Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Kolom di simbol dengan abjad A Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita akan menjumpai kolom AA, AB s/d AZ lalu kolom BA, BB s/d BZ begitu seterus sampai kolom terakhir yaitu IV (berjumlah 65.536 baris dengan 256 kolom)

 

  Cell Pointer (penunjuk sel), adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotongan antara kolom dengan baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris. Contoh. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A dengan baris 1.

 

  Formula Bar, adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. Dalam Excel pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda = . Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel A1 dengan B1, maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1

 

   Scroll Bar, berfungsi untuk menggeser lembar kerja secara vertikal (Vertical Scroll Bar) dan horizontal (Horizontal Scroll Bar).

 

Tipe-tipe data yang terdapat pada excel adalah:

1.     Tipe Data Alpha Numerik/Teks


Adalah tipe data berupa teks seperti huruf (A Z, a z), simbol (*, ^, $, %, #, @, dll) dan angka (0 9) yang tidak akan diproses secara matematika. Data dengan tipe ini, dalam excel 2000 akan dibuat rata kiri dan selalu didahului oleh label prefiks berupa tanda kutip satu () yang diberikannya secara otomatis. Jika data yang dimasukkan adalah data angka tetapi kita ingin menganggapnya sebagai alpha numerik/teks, maka kita harus mengetik label prefiks sebelum data tersebut, seperti : 2001


2.     Tipe Data Numerik/Angka

Adalah data yang terdiri dari angka (0 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika. Penulisan data dengan tipe ini tidak boleh didahului oleh label prefiks. Data numerik ini akan ditampilkan rata kanan oleh Excel.


3.     Tipe Data Formula

Adalah tipe data yang terdiri dari rumus-rumus, seperti perkalian, pembagian, penjumlahan serta fungsi matematika lainnya. Tipe data ini ini merupakan tipe data yang terpenting dalam Excel, karena akan selalu digunakan dalam pengolahan data.

 

Berikut daftar tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan keyboard : Tombol     Fungsi

↓      Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah Tab   Pindah satu sel ke kanan

Enter                  Pindah satu sel ke bawah Shift + Tab                           Pindah satu sel ke kiri Shift + Enter                    Pindah satu sel ke atas

Home                Pindah ke kolom A pada baris yang sedang dipilih Ctrl + Home                           Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif

Ctrl + End          Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan PgUp Pindah satu layar ke atas

PgDn                  Pindah satu layar ke bawah Alt + PgUp                        Pindah satu layar ke kiri Alt + PgDn                        Pindah satu layar ke kanan

Ctrl + PgUp       Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya Ctrl + PgDn       Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar sebelumnya


Rumus Microsoft Exel

ARITMATIKA

Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah :

Lambang    Fungsi

+             Penjumlahan

-             Pengurangan

*            Perkalian

/            Pembagian

^            Perpangkatan

%            Persentase

Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang (-).

 

Fungsi

Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah disediakan oleh Excel, yang akan membantu dalam proses perhitungan sesuai dengan kebutuhan kita. Pada umumnya penulisan fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().

1. Sum digunakan untuk menjumlahkan nilai pada sel.

 

Menggunakan rumus:

=SUM(Sel Asal : Sel Tujuan)


2. Average digunakan untuk mencari nilai rata-rata sel.

Mengunakan rumus:

=AVERAGE(Sel Asal : Sel Tujuan)

3. Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sel.

Mengunakan rumus:

        =MAX(Sel Asal : Sel Tujuan)

4. Min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sel.

Menggunakan rumus:

=MIN(Sel Asal : Sel Tujuan)

5. Rank digunakan untuk mencari peringkat melalui perbandingan nilai masing-masing sel.

Menggunakan rumus:

=RANK(Sel Asal : Sel Tujuan)

6. Count digunakan untuk menghitung jumlah banyaknya sel yang terisi data.

Menggunakan rumus:

=COUNT(Sel Asal : Sel Tujuan)

7. CountBlank digunakan untuk menghitung jumlah banyaknya sel yang tidak terisi data.

Menggunakan rumus:

=COUNTBLANK(Sel Asal : Sel Tujuan)

Fungsi IF

Fungsi If akan menghasilkan sebuah nilai tertentu jika kondisi yang ditentukan terpenuhi dan akan menghasilkan nilai lainnya jika kondisi tidak terpenuhi.

1. IF Tunggal

=IF(TesLogika;KondisiTerpenuhi;KondisiTidakTerpenuhi

2. IF Ganda (Bertingkat)

=IF(TesLogika1;KondisiTerpenuhi1;IF(TesLogika2;KondisiTerpenuhi2;Kondisi TidakTerpenuhi))

3. IF AND

=IF(AND(Uji_Logika1;Uji_Logika2;...);KondisiTerpenuhi;KondisiTidakTerpenuhi))

4. IF OR

=IF(OR(Uji_Logika1;Uji_Logika2;...);KondisiTerpenuhi;KondisiTidakTerpenuhi)

HLOOKUP DAN VLOOKUP

1. LEFT digunakan untuk menampilkan isi sel dimulai dari paling kiri.

=LEFT(SelAsal;Banyak karakter yang akan ditampilkan)

2. MID digunakan untuk menampilkan isi sel dimulai dari keinginan pengguna.

=MID(SelAsal;Dimulai dari;Banyak karakter yang akan ditampilkan)

3. RIGHT digunakan untuk menampilkan isi sel dimulai dari paling kanan.

=MID(SelAsal;Banyak karakter yang akan ditampilkan)

4. HLOOKUP digunakan untuk mengisi data berdasarkan tabel referensi yang berbentuk baris atau horizontal.

=HLOOKUP(Nilai Kunci;Tabel Data;Nomor Baris)

5. VLOOKUP digunakan untuk mengisi data berdasarkan tabel referensi yang berbentuk kolom atau vertikal.

=VLOOKUP(Nilai Kunci;Tabel Data;Nomor Baris).



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama